Laman

Rabu, 30 September 2015

Berbeda... Siapa Takut !!



Mungkin kita sering mengalami kondisi dimana keadaan kok terasa begini-begini saja, tak ada sesuatu yang menarik. Benar-benar sangat membosankan. Tapi jangan buru-buru menyalahkan keadaan, coba lihat pada diri kita sendiri. Bisa jadi kitalah yang membuat semuanya jadi tak ada gairah, dengan menjalani rutinitas yang tetap setiap harinya. 

Cobalah lakukan hal-hal sederhana yang tidak biasa, atau dengan cara yang berbeda. Sebagai contoh, jika kita setiap bangun tidur selalu murung atau langsung menuju kamar mandi, coba lakukan sedikit hal yang berbeda. Misalnya sempatkan tersenyum lebar selama beberapa detik, atau katakan hal-hal yang positif dan memotivasi dengan lantang. Mungkin akan terasa aneh pada awalnya, tapi cobalah dan rasakan sensasinya. Aura positif akan melingkupi tubuh kita dan hati akan terasa lebih riang dan bahagia.

Satu hal yang sering saya coba lakukan adalah memakai pakaian yang sedikit “nyentrik”, berbeda dengan yang dipakai orang kebanyakan. Jika di tempat kerja saat memakai seragam batik, sebagian besar warna yang dipakai adalah warna yang umum, namun saya mencoba memakai batik dengan motif sangat cerah, warna orange dengan motif bunga-bunga. Pada awalnya saat saya ditawari oleh keluarga untuk memakainya, saya terus menerus menolaknya dengan alasan terlalu norak, dan lebih memilih warna yang sudah umum. Namun seiring berjalannya waktu dan ukuran batik yang paling pas adalah yang warna orange tadi, maka dengan terpaksa saya memakainya. Tapi yang terjadi kemudian adalah mengubah suasana diri saya, bahkan di sekitar saya. Rasanya seperti menjadi diri yang berbeda, dan tak jarang orang-orang menanyakan atau hanya sekedar menggoda dengan pakaian saya. Dengan berbekal rasa percaya diri saya nikmati saja itu semua. Dan sampai saat ini pakaian itu menjadi batik favorit saya dan sangat sering saya pakai.

Berbicara tentang menjadi berbeda, sebaiknya memang kita menjadi berbeda dari orang lain. Kita punya karakter yang berbeda-beda dengan orang lain, dan kita perlu mengoptimalkan kelebihan kita yang berbeda itu. Dengan menjadi berbeda, kita juga menuju hal penting lain yaitu jangan jadi orang rata-rata. Jika kebanyakan orang menjalani kehidupan sebagai rutinitas saja, maka kita perlu membuat hidup lebih dari sekedar itu saja, buatlah nilai positif yang lebih dari yang lain. Jika orang lain belajar hanya sekedarnya saja, maka tugas kita untuk belajar lebih keras dari yang lain. Jika orang lain bekerja hanya sekedar mengejar gaji, maka buatlah pekerjaan menjadi sebuah jalan menuju kebermanfaatan dan menciptakan karya-karya hebat.

Cobalah sejenak lihat keseluruhan tubuh kita, mulai dari kelengkapan organ-organ seperti mata, mulut, tangan, hingga kaki. Bukankah Allah telah menitipkan kemampuan yang begitu besar pada masing-masing bagian tubuh kita. Alangkah ruginya jika anugerah besar itu tak digunakan dengan sebaik-baiknya. Yakinlah bahwa dari tubuh inilah akan muncul karya-karya hebat, yang keberadaannya, perkataannya, dan hasil karyanya selalu dinanti.

Semoga kita semua dimampukan yah... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar